Home » , » Rezeki Pernikahan 9 Cara Mengelola Keuangan Setelah Menikah

Rezeki Pernikahan 9 Cara Mengelola Keuangan Setelah Menikah

Posted by CB Blogger

Rezeki Pernikahan 9 Cara Mengelola Keuangan Setelah Menikah


Bagaimana menikah bisa bikin makmur? Cek dulu cara mengelola keuangan pasangan di bawah ini.
 

1.Diskusikan prioritas finansial bersama pasangan

Menikah itu pada esensinya menyatukan dua individu yang berbeda. Perbedaan di sini termasuk juga dalam urusan keuangan. Di sinilah pentingnya kompromi mengingat masa depan sudah menjadi milik berdua.

Maka itu diskusi terkait prioritas keuangan menjadi mutlak. Manakah yang diutamakan dan mana yang bisa ditunda. Misalnya saja memprioritaskan pembelian rumah ketimbang mencicil kendaraan. Termasuk juga kapan mulai mempersiapkan keuangan untuk buah hati.

2. Tunjuk menteri keuangan keluarga

Tinggal kesepakatan saja siapa yang menjadi menteri keuangan keluarga. Ingat ya, jabatan prestisius ini bukan monopoli istri, suami pun juga bisa. Perannya sangat menentukan terhadap kesehatan keuangan keluarga. Karena di tangan dialah masuk dan keluarnya duit ditentukan.

Dengan menerapkan sistem satu pintu dalam keuangan maka memudahkan pengaturan arus uang keluar dan masuk. Di samping itu, cara ini juga memudahkan kontrol terhadap keuangan.

3. Besaran pengeluaran living cost

Bicarakan bersama pasangan untuk menentukan limit pengeluaran living cost atau pengeluaran rutin selama sebulan. Enggak usah pelit-pelit karena yang penting ada angkanya.

Untuk menentukan angkanya, mungkin bisa eksperimen dulu selama tiga bulan. Hitung semua pengeluaran rutin seperti tagihan listrik, belanja bulanan, transportasi, dan rekreasi. Kemudian bandingan pengeluaran selama tiga bulan itu agar mendapatkan angka yang pas.


Tujuan dari menetapkan anggaran living cost ini agar memudahkan mengkalkulasi pengeluaran tiap bulan. Di samping itu bisa juga menganalisa pos-pos mana yang bisa dikurangi pengeluarannya. Misalnya pos rekreasi atau transportasi.

4. Batas atas pengeluaran uang

Bicara batas atas atau bawah bukan melulu soal tarif angkutan umum, tapi juga bisa berlaku dalam keuangan keluarga. Maksudnya, tetapkanlah batas atas yang bisa ditolerir dalam pengeluaran tiap bulan.

Jadi misalnya batas atas belanja bulanan Rp 1,5 juta, batas atas biaya transportasi Rp 500 ribu, dan seterusnya. Bila sudah lewat batas atas, itu menjadi alarm untuk evaluasi. Apakah memang kebutuhan naik atau terjadi pemborosan?

5. Pos tabungan sebagai pengeluaran wajib

Jangan ikuti prinsip orang preman yang ketika pegang duit maka langsung dihabiskan. Hal itu dilakukan karena mereka mengaku tak punya hari esok. Tentunya beda dong sama yang sudah menikah. Masa depan itu milik berdua.

Background inilah yang memaksa pentingnya menabung. Usahakan nilai uang yang ditabung tetap sama dengan cara memotong di awal. Masukan pos tabungan sebagai pengeluaran wajib. Tujuannya agar tak lagi menunda-nunda menabung.

6. Catat semua pengeluaran dan pemasukan

kesannya sepele ya, catat semua pengeluaran dan pemasukan. Awal-awal sih semangat, tapi kemudian jadi malas. Padahal, konsistensi itu wajib di urusan ini.


Sebenarnya ada cara mudah mencatat pengeluaran tanpa harus menulis satu per satu. Gunakan transaksi lewat kartu kredit atau kartu debit. Tinggal print saja tiap bulan karena semua transaksi yang dilakukan otomatis tercatat di situ.

7. Kelola aset

Ketika menikah, maka aset menjadi milik berdua. Ada baiknya bicarakan juga soal monetisasi aset agar mendapat tambahan pendapatan. Misalnya menyewakan kendaraan yang sudah dimiliki, menyewakan tanah atau rumah dan sebagainya.

8. Asuransi/dana darurat

Ketika sudah berkeluarga, berarti perlu memikirkan asuransi jiwa atau asuransi lainnya seperti pendidikan maupun kesehatan. Asuransi pada prinsipnya adalah mengalihkan risiko finansial bila terjadi musibah yang tak diinginkan. Nah, agar keuangan keluarga tak terganggu, bisa memilih instrument asuransi.

Bila kurang nyaman dengan asuransi, mungkin bisa memikirkan dana darurat. Fungsinya sebagai antisipasi jika ada hal-hal yang tiba-tiba terjadi menuntut dana yang cukup besar.

9. Perencanaan keuangan boleh diubah

Perencanaan keuangan itu bukan kitab suci yang tak boleh diubah. Artinya, silakan direvisi untuk menyesuaikan dengan keadaan. Tentunya dengan persetujuan pasangan.

Misalnya saja perubahan itu bila tiba-tiba mendapat kabar istri hamil sehingga perlu menjadwal ulang semua rencana keuangan yang sudah disusun.


Itulah poin-poin yang bisa membantu mengatur keuangan lebih baik seusai menikah. Tentunya masing-masing keluarga punya prioritas yang berbeda dan cara pengaturan yang berbeda.

sumber:duitpintar.com 


0 comments:

Post a Comment

Labels

24 Jam Aku Bersimpuh Aku Cinta Kamu Aku Cinta Ramadhan Aku Ingin Mengaku Aku Jatuh Cinta Aku Menemukan Cinta Aku Menunggu Kamu Aku Merasa Aku Rindu Kamu Ampuni Aku anak tentara vs guru Apa Kabar Sayang Aroma Ramadhan Assalamu'alaikum Azhan Menggema Bagai Dunia Milik Berdua Bantu Aku Melupakanmu Baru Tahu Benih Rindu Berdosakah Mencintaimu BERITA ANEH BERITA BOLA BERITA KRIMINAL BERITA POLITIK BERITA SELEBRITIS BERITA TERKINI Bersujud Cinta Dan Sayang Cinta Sepenuh Hati Cinta Seujung Kuku Cinta Tak Bersyarat Cintaku Untukmu Dalam Cinta Demi Cinta Desember Cinta Diam-Diam Menghanyutkan Diary Cinta Dusta Hari Ini Cinta Padamu Kumulai Hati Mendua Hatiku Terpanah Asmara Hatiku Untukmu hidup makmur setelah menikah Isek Tresno Sliramu Islami Jangan Benci Aku Jangan Cemburu Jatuh Cinta Kangen Sliramu Kasmaran Kau Yang Teristimewa Kecantikan Kecewa Kehadiranmu Aku Tunggu Kehangatan Kasihmu Keindahan Cinta Kerajaan Cinta Kesehatan Keteguhan Cinta Koleksi Puisi Cinta Romantis Kujaga Hatiku Untukmu Kumpulan Pantun Ucapan Selamat Sore Kumpulan Puisi Pantun Selamat Tahun Baru Kumpulan Ucapan Selamat Hari Ibu Lagu Cinta Lailatul Qadar Lebaran Idul Fitri Lifestyle Malam Ramadhan Mawar Cinta Menantimu Kesemutan Hatiku Menunggu Merajut Cinta modus dibalik kata amin modus sibalik kata like Pantun Pantun Bukti Cinta Pantun Cinta Bercumbu Mesra Pantun Cinta Ungkapan Hati Pantun Gombal Pantun Kasih Mesra Pantun Kasih Sayang Pantun Kerinduan Romantis Berbalas Pantun Melepas Rindu Romantis Pantun Menyapa Kekasih Pantun Menyapa Pacar Tersayang Pantun Merayu Pantun Perhatian Dalam Ungkapan Cinta Pantun Puisi Selamat Malam Sayang Pantun Puisi Selamat Menempuh Hidup Baru Pantun Romantis Meyakinkan Cinta Berbalas Pantun Selamat Malam Minggu Pantun Selamat Malam Rindu Romantis Pantun Selamat Pagi Cinta Romantis Pantun Selamat Tidur Romantis Berbalas Pantun Ungkapan Cinta Pantun Ungkapan Perasaan pembatasan sepeda motor Pengertian Dan Perhatian Penghujung Ramadhan Perasaan Peristiwa Puasa Ramadhan Puisi Pantun Selamat Makan Siang Puisi Pantun Selamat Pagi Puisi Pantun Selamat Siang Puisi Pantun Selamat Tahun Baru 2012 Puisi Tahun 2011 Tentang Cinta Terbaru Ramadhan Tiba Rasaku Untukmu Rela Demi Ramadhan Remuk Jantungku rezeki pernikahan Rindu Menggelitik Hatiku Rindu Rasa Cemburu Rindu Setengah MMati Rintik-Rintik Basah Saat Aku Rindu Saat Denganmu Sahabatku Cinta Tulusku Sahur Salam Mesra Sekelip Mata Selamat Hari Ibu Selamat Idul Fitri 1432 H Selamat Malam Selamat Pagi Cinta Selamat Siang Cinta Selamat Tahun Baru Hijriah Senyum Semanis Madu Senyummu Bahagiaku sepeda motor Sms Cinta Sms Ucapan Tidur Selamat Malam Cinta Suka Juga Cinta Suka Menjadi Cinta Surat Cinta Syukur Alhamdulillah Takut Kehilanganmu Tanpamu Kutak Bisa Taubat Terbayang Bayang Tersandung Cinta Terus Terang Tinta Rindu Tresnamu Ta Enteni Tresno Nangeng Wedi Tuhan Tolonglah Kekasihku Untukmu Ramadhan Warna Rindu Yang Aku Tahu Youtube kalah untuk pertama
berita bolaberita bola terkiniberita bola indonesiaberita bola liga inggrisberita bola muberita bol. Powered by Blogger.
//ylx-4.com/fullpage.php?section=General&pub=376786&ga=g